9 Tips untuk Beriklan Iklan Facebook Terbaik (dengan Contoh) | Meskipun ada pembicaraan bahwa jangkauan Facebook memudar, cukup jelas orang-orang menyukai situs tersebut lebih dari sebelumnya — 70% pengguna Facebook di AS masuk ke Facebook setiap hari, dibandingkan dengan 59% di Instagram, 38% di Twitter, 27% di Pinterest, dan 22% di LinkedIn, menurut statistik dari Pew Research Center.
Semua pengguna ini menunjukkan potensi besar bagi pemasar, dan Facebook telah muncul sebagai salah satu platform periklanan terbaik untuk bisnis B2B dan B2C. Dalam beberapa tahun terakhir, karena jangkauan organik di Facebook telah menurun, pemasar yang cerdas telah beriklan di Facebook untuk mendapatkan hasil.
Ada banyak hal yang harus disatukan untuk membuat iklan Facebook berhasil — Anda memerlukan penargetan yang tepat, gambar atau video yang bagus, dan salinan yang menarik. Hari ini, saya berfokus pada mengapa menulis itu penting dalam iklan Facebook, serta beberapa strategi tentang bagaimana Anda dapat menulis iklan Facebook hebat yang benar-benar mengonversi.
Mengapa Iklan Facebook Bekerja Dengan Sangat Baik
Ada banyak sekali pengguna di Facebook, tetapi mengirimkan iklan ke dalam kehampaan tidak menghasilkan banyak sekali konversi. Kunci periklanan Facebook adalah penargetan. Facebook memiliki penargetan iklan terbaik dari situs manapun.
Penargetan ini memungkinkan Anda untuk menjadi sangat spesifik tentang audiens yang dijangkau iklan Anda. Jika Anda menjual selang taman, Anda dapat menjangkau orang-orang yang tertarik dengan kebun sayur dan perbaikan rumah. Jika Anda menjual alat software-as-a-service (SaaS), Anda dapat menargetkan mereka yang pernah mengunjungi halaman landing di situs Anda.
Berikut beberapa cara untuk menargetkan iklan Anda di Facebook:
- Audiens kustom - memungkinkan Anda menargetkan pelanggan atau prospek yang ada
- Lokasi - memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan lokasi (kota, negara bagian, negara) Jenis kelamin - memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan jenis kelamin (pria atau wanita)
- Minat - memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan minat (seperti kebugaran, kewirausahaan, mode, sastra)
- Perilaku - memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan perilaku masa lalu, seperti seseorang yang mengunjungi situs web Anda
- Koneksi - memungkinkan Anda untuk menargetkan oleh orang-orang yang sudah menyukai halaman Anda, atau yang memiliki koneksi yang menyukainya
Dua Jenis Iklan Facebook
1. Posting Bersponsor
Posting sponsor Facebook muncul langsung di Facebook Newsfeed. Pengguna melihat iklan saat mereka bergulir, dan fiturnya sama mencoloknya dengan kiriman dari teman dekat. Berikut adalah contoh postingan bersponsor dari Farm Hill
2. Iklan Kolom Kanan
Iklan kolom sebelah kanan muncul — Anda dapat menebaknya! —Di kolom kanan feed Facebook. Iklan ini lebih kecil, tetapi tidak dapat di-scroll seperti postingan di News Feed. Pemasar sering menggunakan iklan kolom kanan untuk tujuan penargetan ulang. Berikut contoh iklan kolom di sebelah kanan dari West Elm
Tetapi Apakah Copywriting untuk Iklan Facebook Benar-benar Penting?
Iya! Saat Anda membayangkan iklan Facebook, Anda mungkin memikirkan gambar yang besar. Gambar penting dalam Iklan Facebook, tetapi copywriting juga penting. Jika Anda menghabiskan uang untuk iklan Facebook, Anda ingin memastikan iklan tersebut berfungsi dengan baik.
Copywriting iklan yang baik dapat membujuk audiens Anda untuk mengklik ke situs Anda. Copywriting yang baik berfungsi sebagai panduan — ini menunjukkan kepada orang-orang ke mana mereka harus pergi. Salinan iklan yang bagus dapat membujuk, menggairahkan, dan menghibur. Itu membuat koneksi, memotong informasi berlebih, dan membuat pilihan untuk melanjutkan tampak jelas. Itu adalah bagian penting dari iklan yang sukses.
Jadi, inilah cara melakukannya: Gunakan prinsip-prinsip ini untuk menulis iklan sebaik mungkin.
9 Strategi Beriklan Di Facebook Terbaik Untuk Anda
1. Gunakan Penargetan Facebook untuk Mempersempit Audiens Anda
2. Tulis Iklan Facebook Berbeda untuk Orang Berbeda
3. Pastikan Salinan Iklan Facebook Anda Sesuai dengan Visual Anda
4. Tetap Fokus dengan Satu Ajakan Bertindak (call-to-action)
5. Tetap Singkat dan Pimpin
Apa yang didapat seseorang dari menggunakan produk Anda?
Bagaimana itu akan membantu mereka?
6. Gunakan Bahasa Sederhana yang Mudah Dipahami
Copywriting bukanlah sastra tinggi. Mungkin Anda seorang penyair di perguruan tinggi, tetapi bahasa berbunga-bunga akan mengacaukan pesan Anda. Saatnya memotong verbositas. Prioritas nomor satu Anda seharusnya menulis iklan Facebook yang mudah dipahami untuk siapa saja, bahkan siswa kelas 5.
Saat seseorang melihat iklan Anda, mereka harus segera mengetahui:
- Apa yang Anda tawarkan
- Bagaimana itu menguntungkan mereka
- Apa yang harus dilakukan selanjutnya
7. Jujur Tentang Angka
Jika Anda menjual produk fisik, orang ingin tahu berapa harganya. Jika Anda menjalankan obral, orang ingin tahu berapa persen mereka akan turun. Strategi copywriting yang berhasil? Pimpin dengan angka.
Misalnya, Ball Honda, sebuah dealer mobil di San Diego, mensponsori iklan Facebook yang menjelaskan tentang berapa biaya untuk mendapatkan sebuah mobil. Mereka berbagi kesepakatan yang bisa didapatkan orang jika mereka menyewa CRV, dan memberikan tanggal kapan promosi berakhir. Mereka tidak menampilkan iklan kepada semua orang di San Diego — mereka menargetkan mereka yang telah mengunjungi situs web mereka.
Iklannya tidak terlalu seksi, tetapi sangat membantu, dan secara efektif mengingatkan orang untuk datang ke dealer mereka saat mereka siap membeli mobil.
8. Dapatkan Beberapa Perspektif
Anda bekerja untuk memasarkan merek Anda setiap hari, jadi mungkin sulit untuk mundur dan memastikan salinan untuk iklan Facebook Anda beresonansi. Gulir feed Facebook Anda sendiri dan lihat iklannya.
Yang mana yang membuat Anda ingin mengklik?
Yang mana yang Anda gulir lewat?
Ide yang bagus untuk mendapatkan perspektif dari seseorang selain diri Anda sendiri. Anda dapat menyewa penulis atau editor lepas untuk menulis iklan untuk Anda, atau membantu Anda bertukar pikiran.
Anda juga dapat menampilkan iklan kepada beberapa rekan kerja, terutama yang berada di luar departemen pemasaran, untuk melihat apakah menurut mereka itu efektif. Teman dan keluarga — orang di luar bisnis juga dapat membantu.
9. Uji Teks Iklan Anda
Satu-satunya cara Anda dapat meningkatkan salinan iklan Facebook Anda adalah jika Anda menjalankan tes. Facebook mempermudah pengeluaran sejumlah kecil uang untuk mencoba berbagai hal.
Pada akhirnya, satu-satunya cara untuk memastikan karya copywriting Anda bekerja adalah melalui pengalaman. Coba jalankan dua iklan berbeda — masing-masing dengan gambar yang sama, tetapi salinan yang berbeda — untuk melihat mana yang paling sesuai dengan audiens Anda.
Versi mana yang paling banyak disukai, komentar, dan konversi? Misalnya, Post Planner memposting iklan yang sama, tetapi mengubah salinannya. Dalam satu iklan, mereka mengajukan pertanyaan. Di iklan kedua, mereka membuat pernyataan. Ini adalah perubahan salinan yang halus, tetapi bisa menjelaskan perubahan besar dalam hasil.